12 Oktober 2021

Trik Cepat Menulis Di Blog - Resume 2 (BM. Gel. 21)

 


Judul              : Trik Cepat Menulis Resume di Blog

Resume Ke   : 2

Gelombang   : 21

Tanggal         : 6 Oktober 2021

Narasumber : Maesaroh, M.Pd

Moderator    : Aam Nurhasanah

 

PROFIL SINGKAT NARASUMBER

Maesaroh, M.Pd , guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Beliau adalah salah satu alumni belajar menulis (gelombang 18) yang sukses menjadi moderator dan narasumber. Sukses sebagai pengumpul resume tercepat, Ibu Maesaroh juga sukses menulis dan menerbitkan beberapa buah buku. Tak kurang dari 8 buku telah terbit, yaitu 4 buku antologi, 1 buku duet, dan 2 buku solo.

RESUME

Menulis resume dengan cepat akan membuat pembaca lebih banyak. Dengan posisi resume ter atas, secara otomatis akan membuat pembaca tertarik untuk klik link blog yang di bagi.  Hal itu dikarenakan penasaran dengan isinya, senang berselancar di blog orang lain, atau untuk peserta belajar menulis hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk menulis resume.

Apa yang harus dilakukan?

A.      MENYIAPKAN 2 ALAT PIRANTI DIGITAL YAITU HP DAN LAPTOP.

  • Hp digunakan untuk menyimak materi
  • Laptop digunakan untuk membuat resume.

 B.      MENATA POLA PIKIR


  • Seorang penulis harus memiliki karakter, karena terkadang ada saja yang mau membaca tulisan bergantung pada siapa penulisnya.
  • Ibarat pepatah jatuh cinta pada pandangan pertama, maka kita harus memikat pembaca terkesan di tulisan pertama. Itulah sebabnya mengapa kita harus memiliki karakter dalam menulis. Harus memiliki kekhasan dalam bahasa tulisan.
  • Menyisipkan sebuah kutipan pada resume bisa enjadi ciri khas sebuah tulisan. Hal ini penting untuk menambah bumbu dalam tulisan kita.

 C.      TRIK CEPAT MENUL;IS RESUME 



1. Duduk 10 menit di depan laptop sebelum materi dimulai

2. Dalam kurun waktu 10 menit tersebut, rangkai paragraf  pembuka serta siapkan paragraf penutup, bisa dengan menyisipkan kalimat-kalimat motivasi.

3. Tulis resume dengan paragraf yang pendek-pendek. Pembaca blog cenderung bosan membaca paragraf yang  lama selesai. Paragraf pendekakan mudah difahami dan disimpulkan.

4. Menulis pernyataan Narasumber dengan gaya bahasa Parafrase, atau bisa saja mengadopsi semua bahasa narasumber dengan memberikan tanda kutip. Pak A mengatakan "...."

D.     SARAN UNTUK PENULIS PEMULA

  • Menulislah dengan gaya kita, jangan menulis dengan mengejar hadiah, karena setiap tulisan akan menemukan penggemarnya…
  • Menulislah dengan gaya sendiri, jika terasa sulit kuncinya hanya menulis dan teruslah menulis semakin sering semakin terampil, menulislah dengan kekhasan, sampai orang mencari tulisanmu.
  • Hindari plagiarism.
  • Pupuk mental baja dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

 1. Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis.

 2. Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan.


4. Bangunlah tulisan di berbagai Blog.

Hal ini amat penting karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang sejenis. Bu Mesaroh mencontohkan aktivitasnya di beberapa blog seperti:

  • Rumah di Kompasiana   berisi tulisan edukatif
  • Rumah di YPTD berisi tulisan fiksi dan faksi
  • Rumah di Blogspot digunakan untuk sarana mengajar
  • Rumah di detik.com berisi tulisan informatif.

KESAN PELATIHAN MALAM INI

Kata motivasi narasumber “Jadilah manusia cerdas yang siap menerima perubahan" sebagai penutup kelas malam ini memberi amunisi lebih bagi saya pribadi untuk aktif menulis dan bergerak mengikuti perubahan.  Saran bu Maesaroh untuk konsisten dan aktif di grup Belajar Menulis, yang membidik peserta dari zero ke expert semakin meneguhkan niat saya untuk terus menulis. Semoga semangat ini terjaga hingga akhir !


Tidak ada komentar:

PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN YANG MEMERDEKAKAN

A. KONSEP PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN Pendidikan yang memerdekakan adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membebaskan individu d...