04 November 2021

Menulis Buku Terbaik Perpusnas - Resume 14 (BM. Gel. 21)


Judul              : Menulis Buku Terbaik Perpusnas

Resume Ke    : 14

Gelombang   :  21

Tanggal         : 3 November 2021

Narasumber : Dr (c) Mudafiatun Isriyah, M.Pd

Moderator    : Aam Nurhasanah

PROFIL SINGKAT NARASUMBER

Dr (c) Mudafiatun Isriyah, M.Pd. adalah alumni grup Belajar Menulis gelombang 4. Saat ini beliau adalah seorang dosen yang mengajar di FIP prodi BK Unipar Jember. Prestasi beliau yang terbaru adalah sebagai penulis buku terbaik perpusnas. Buku kolaborasinya dengan Prof. Ekoji dalam tantangan menulis buku satu minggu telah lolos seleksi penerbit mayor dan mendulang kesuksesan.

RESUME

Definisi Menulis.

  • Menulis merupakan keterampilan untuk menuangkan ide dan gagasan secara tertulis
  • Menulis kreatif dapat didefinisikan sebagai proses menulis yang bertumpu pada pengembagan daya cipta dan ekspresi pribadi dalam bentuk tulisan yang baik dan menarik.

Cara Membuat Teks Deskripsi dari Awal

  • Memilih dan menentukan objek yang akan dibahas.
  • Menentukan maksud dan tujuan dalam penulisan teks deskripsi.
  • Mengumpulkan sumber data dan informasi yang dapat membantu menggambarkan objek secara terperinci.
  • Menyusun kerangka karangan dari data dan informasi yang sudah diperoleh.

Unsur-unsur Menulis

  • Gagasan merupakan topik yang dimiliki oleh sebuah tulisan. Sebuah topik berkaitan dengan pengalaman masa lalu atau pengetahuan yang dimiliki oleh penulis. Topik disajikan dalam kegiatan menulis dalam bentuk pendapat, pengalaman atau pengetahuan.
  • Tuturan merupakan gagasan yang dapat dimengerti oleh pembaca tulisan. Jenis tuturan umumnya terbagi menjadi deskripsi, persuasi, narasi, argumentasi dan eksposisi.
  • Tatanan merupakan kaidah yang harus dipenuhi ketika gagasan diungkapkan selama kegiatan menulis. Penulis harus menulis sesuai dengan tatanan yang berlaku dalam suatu tulisan. Sementara itu, wahana merupakan alat pendukung dalam menyampaikan gagasan dalam menulis.
  • Wahana dapat berbentuk gramatika, kosakata dan retorika. Banyaknya wahana yang digunakan selama kegiatan menulis bergantung kepada tingkat penguasaan makna dan jumlah kata yang diketahui oleh penulis

Tujuan Menulis

  • Menulis secara umum memiliki tujuan untuk
  • Memberikan arahan
  • Menjelaskan
  • Menceritakan
  • Meringkas
  • Meyakinkan pembaca melalui isi tulisan.

Tingkatan Penulis Berdasarkan Tingkat keseriusannya

  • Kegiatan menulis serius merupakan kegiatan menulis yang memerlukan tingkat kecermatan yang tinggi disertai dengan tingkat konsentrasi yang tinggi. Salah satu contohnya adalah menulis karangan.
  • Kegiatan menulis santai merupakan kegiatan menulis yang hanya membuat tulisan sekadarnya saja dan tidak diperlukan konsentrasi yang tinggi. Contohnya adalah menulis pesan singkat

Faktor Penghambat Dalam Menulis

  • Keraguan penulis terhadap tulisan yang ditulisnya. Bentuk keraguan menulis ini terbagi menjadi kecemasan terhadap tulisan yang dihasilkan
  • Kehabisan gagasan dan ketakutan akibat persaingan ide dengan penulis lainnya. kehabisan gagasan umumnya terjadi akibat stres kerja yang diakibatkan oleh sedikitnya kegiatan rekreasi yang dilakukan oleh penulis.
  • Kecemasan terhadap tulisan yang dihasilkan terbagi lagi menjadi kecemasan mengenai kelayakan tulisannya dalam sudut pandang pembaca serta kesesuaiannya dengan selera pembaca.
  • Selain sklii yg hrs di latih, adapula NOVELTY. Novelty adalah unsur kebaruan atau temuan dari sebuah penelitian. Penelitian dikatakan baik jika menemukan unsur temuan baru sehingga memiliki kontribusi baik bagi keilmuan maupun bagi kehidupan. Sederhananya novelty adalah tidak boleh copas alias proses plagiasi.

Cara Meresume Yang Benar

  • Baca Kalimat per paragraph
  • Simpan dalam otak
  • Tuangkan dalam tulisan, tuliskan dengan Bahasa yang berbeda dengan tulisan aslinya tetapi mengandung makna yg sama

RINGKASAN TANYA JAWAB

  • Bagaimana tips menaklukan challenge menulis satu minggu?

Strategi utama adalah banyak membaca literature

  • Lihat apa yg menjadi FENOMENA saat ini
  • Cari Novelty nya
  • 7 hari di bagi menjadi 7 Bab
  • Buat kerangka nya
  • apa yg akan ditulis, 1 hari 1 bab, 7 hari 7 bab
  • Intinya banyak cari referensi dan satu hari satu bab

  • Kendala ketika mulai belajar menulis sampai menjadi peraih buku terbaik perpusnas?
    • Fisik sehat
    • Tugas diselesaikan dulu
    • Keluarga dikondisikan dulu
    • Kendala secara teori adalah hanya memilah milah buku yang benar-benar sesuai dengan fenomena saat ini
    • Browsing E-book saja
    • Target sehari 1 bab selesai, walau hanya ketik2 2 lembar saja, nanti diselesaikan ketika judul kita di terima oleh penerbit

  • Untuk mendapatkan kepercayaan sekelas Penerbit Andi adalah harus banyak tulisan yg sudah publish, jadi di jejak digital penerbit Andi akan menelusuri nama kita, intinya harus banyak menulis.
  • Cara mengikat tema?
    • Menulis kerangka atau outline
    • Jangan keluar dari kerangka tersebut jika ingin selesai tulisan
    • Jika terganggu berhentilah sejenak
  • Penulisan daftar pustaka untuk referensi yang kita ambil dari e-book. Apakah seperti biasanya nama buku, pengarang dll ataukah linknya yang dimasukkan?
Untuk penulisan referensi saat ini semua era digital dilakukan dengan cara
    • Menggunakan Mendeley
    • Menggunakan IEEE
    • Menggunakan APA style

KESAN PELATIHAN MALAM INI

Pengalaman narasumber malam ini sangat menginspirasi saya untuk mampu menerbitkan buku di penerbit mayor. Pesan bu Muda bahwa jika kita ingin menulis yang mengarah serius maka penulisan harus benar. Kalau hanya ingin terbit itu mudah. Tetapi untuk terbit berkwalitas kita harus melalui beberapa langkah. Semoga saya tetap knsisten dan bisa menulis lebih baik setiap harinya., dan kalo hanya terbit mudah, tapi terbit berkwalitas harus beberapa langkah di lalui



PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN YANG MEMERDEKAKAN

A. KONSEP PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN Pendidikan yang memerdekakan adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membebaskan individu d...