25 Februari 2022

STUDY FROM HOME (SFH) - PART ONE

  • Selama belajar dari rumah, Alvarendra (Aal) melakukan beberapa kegiatan yang telah ditugaskan. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan setiap hari. 
  • Mengingat kondisi Aal yang mood nya tidak menentu, maka tugas yang dijadwalkan tidak bisa dilakukan secara berurutan. Begitupula dengan pengambilan video/foto. 
  • Kendala orang tua yang bekerja di siang hari, mengharuskan Aal mengerjakan tugas sekolah di sore atau malam hari, di mana mood anak kecil agak "susah" di ajak untuk belajar.
  • Ditambah dengan adanya adik Aal yang saat ini berusia 17 bulan, sering "berkontribusi" dalam mengganngu konsentrasi si kakak 😊
  • Berikut beberapa foto/video kegiatan Aal yang bisa saya dokumentasikan.  
  • Beberapa foto adalah kegiatan yang saya tambahkan sendiri diluar tugas dengan tujuan untuk memotivasi Aal agar tidak mudah bosan.


BERMAIN ALAT MUSIK (KRINCINGAN)


Dalam kegiatan ini, saya menyanyikan lagu "Kalau kau suka hati tepuk tangan ...". Saya berharap Aal meresponnnya dengan menggerakkan krincingan sesuai ketukan lagu.

Respon Aal : Lebih senang membunyikan krincingan sesuka hati. Hanya sesekali mengikuti ketukan lagu.

Kendala : Karena berebut krincingan dengan si adik, fokus mengikuti ketukan lagu terganggu. Aal terfokus berlarian untuk "menyelamatkan" mainannya.

MEMANCING IKAN MAINAN


Dalam kegiatan ini, saya mengajak Aal untuk bermain memancing ikan "mini shark". Saya berharap dengan kegiatan ini, Aal lebih fokus dan belajar lebih sabar.

Respon Aal : Aal sangat senang dan bersemangat. Dia mau mengikuti cara memancing ikan yang saya contohkan. Aal bahkan enggan berhenti memancing ikan ketika waktu telah lebih dari 1 jam.

Kendala : Di awal-awal Aal mengikuti instruksi dengan tepat, bahkan berhasil memamcing ikan beberapa kali tanpa bantuan. Akan tetapi semakin lama fokus memancing ikan dengan pancing tergantikan dengan mengambl ikan menggunakan tangan. Tidak hanya itu. Ikan yang telah di ambil dengan tangan sesekali di buka tutup mulutnya, lalu di kembalikan ke"kolam ikan" sesuai posisinya.Hal itu dilakukan berulang kali. Instruksi saya untuk mengembalikan kegiatan memancing dengan benar, kurang dihiraukan Aal.

MERONCE SEDOTAN DENGAN PITA


Meronce adalah salah satu tugas yang harus diselesaikan Aal. Kali ini saya menggunakan sedotan warna-warni dengan diameter yang berbeda. 

Respon Aal : Kegiatan meronce kami laksanakan malam hari. Di awal saya memberi contoh. Setelah itu saya meminta Aal meronce sedotan tersebut. Beberapa kali saya membantu Aal melakukannya. Sesekali Aal melakukanya sendiri tanpa bantuan saya. Tapi sepertinya Aal kurang sabar melakukannya. Dia lebih asyik melihat mainan hewan lautnya yang berada di sisi kanannya ketika dia sedang meronce.

Kendala : Kesukaan Aal terhadap mainannya berupa "realia' aneka jenis satwa seringkali mengalihkan fokusnya ketika mengerjakan sesuatu. Saya mengantisipasinya dengan menyembunyikan sementara mainan-mainan tersebut. Akan tetapi, seringkali tanpa sengaja sang adik yang mengambilnya kembali untuk bermain. Sehingga melihat mainannya di bawa si adik, secara otomatis pandangan mata Aal lebih sering tertuju kesana.

MENYAMBUNG TITIK-TITIK BERUPA GARIS LURUS



Untuk kegiatan pre akademik menyambung titik-titik berupa garis lurus mulai dilakukan hari ini. Saya memakai spidol berwarna merah dengan tujuan agar Aal lebih tertarik karena ada warna untuk alat menulisnya.

Respon Aal : Aal mau melakukannya tapi masih dengan bantuan saya. Ketika saya membantu mengarahkan tangannya, hasilnya garis yang terbentuk masih agak rapi. tetapi ketika Aal saya biarkan memegang alat tulisnya sendiri, dia asal saja menggarisnya meski tetap saya arahkan.

Kendala : Aal sepertinya lebih suka mencorat-coret lembar kerjanya. Dia suka menggerakkan spidol sesuka hatinya.


BERJALAN DI DALAM AIR


Salah satu kegiatan diluar penugasan yang dilakukan Aal adalah berjalan di air (kolam renang) serta berseluncur dengan pendampingan sang ayah. Saya berharap dengan berjalan dalam air, tenaga Aal yang sangat besar bisa berangsur-angsur terkontrol, mengingat berjaln di dalam air membutuhkan energi yang lebih besar.

Respon Aal : Aal sangat senaaanggg.... sekali ketika di ajak bermain di dalam air. Tidak hanya karena media airnya, tetapi juga dikarenakan banyak miniatur-miniatur aneka hewan (mainan favoritnya) di sekitar kolam.

Kendala : Karena senang yang berlebihan, Aal menjadi tantrum ketika di ajak menyudahi kegiatan berenang. Padahal sudah berjam-jam berada dalam kolam renang dan dibawah sengatan matahari. hal ini sedikit menyulitkan saya, karena membujuk Aal untuk tenang kembali karena keinginannya tidak dipenuhi tidaklah mudah.

Tidak ada komentar:

PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN YANG MEMERDEKAKAN

A. KONSEP PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN Pendidikan yang memerdekakan adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membebaskan individu d...